Selasa, 19 Maret 2013

BAHAGIA SEBAGAI PELAJAR


BAHAGIA SEBAGAI PELAJAR : RUMAH – MASJID -  SEKOLAH BELAJAR - MASJID-RUMAH

Setiap kita adalah pelajar, semua kita adalah peserta didik. Sebaik-baik pelajar adalah mentaati semua perintah gurunya. Sebaik-baik guru adalah  Allah  SWT.  Allah  SWT mengajar
manusia  melalui perantara kalam. Hal ini dijelaskan sendiri oleh Allah SWT dalam firman-Nya berikut ini. QS. Al-Alaq (96) : 1-5 yang artinya:
1.     Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,
2.     Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3.     Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
4.     Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589],.
[1589]. Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca.
5.     Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Kandungan umum Surat Al 'Alaq menerangkan bahwa Allah menciptakan manusia dari benda yang hina kemudian memuliakannya dengan mengajar membaca, menulis dan memberinya pengetahuan. Tetapi manusia tidak ingat lagi akan asalnya, karena itu dia tidak mensyukuri nikmat Allah itu, bahkan dia bertindak melampaui batas karena melihat dirinya telah merasa serba cukup.
 Untuk menjadi pelajar yang berbahagia, maka marilah kita mengkaji uraian berikut ini!
1.     Kedudukan ilmu
Semoga setelah kita membaca dan memahami uraian di atas, maka insya Allah kita akan menikmati kebahagian hidup dalam beraktifitas sebagai seorang pelajar di bumi Allah. Jalur perjalanan kita dalam beraktivitas  sehingga terus merasa bahagia adalah Rumah – Masjid – Sekolah – Masjid – Rumah.
Semoga tulisan ini bermanfaat buat saudara(i)ku kapan dan di manapun berada. Dan jika ada yang kurang jelas, maka mari kita diskusikan lewat catatan komentar di bawah ini atau melalui HP no. 085250287078. Selamat berjuang wahai saudara(i)ku, semoga Allah SWT menjadikan kita semua sebagai pelajar yang beruntung, sehingga mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat, amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar