Minggu, 31 Maret 2013

NILAI IMTAQ - IPTEK PADA BUAH-BUAHAN MEMBAHAGIAKAN MANUSIA





Apa saja nilai Imtaq-Iptek pada buah-buahan, sehingga bisa membantu membahagiakan kehidupan manusia di bumi Allah ini? 
Mari kita simak uraian berikut!
I.  Keuntungan Mengagumkan dari Buah Pisang (Amazing Benefits Of Bananas)
a. Sumber Energi: Buah pisang mengandung karbohidrat yang sesuai keperluan dengan tubuh untuk menggantikan glycogen otot (gula otot).
b. Sumber Kalium: Buah pisang mengandung kalium yang dapat membantu sistem peredaran tubuh seperti menyampaikan oksigen ke otak, menolong memelihara denyut jantung tetap normal dan seimbang.
c. Membantu Kesehatan Perut: Buah pisang  banyak mengandung  serabut yang dapat larut cepat sehingga membantu/menolong  penderita sembelit dan membantu menyimpan ulang dan memelihara fungsi isi perut tetap normal.  
d. Meningkatkan Kebahagiaan: Buah pisang dapat membantu kondisi suasana hati  dengan memanggil tryptophan yang dikonversi kepada serotonin pada otak dan dengan demikian dapat mengangkat suasana hati dan dapat membuat kita lebih merasa bahagia.
e. Menolong  Berhenti  Perokok:  Buah pisang mengandung  vitamin B dan bahan tambang lain yang mengurangi akibat dari penarikan nikotin keduanya secara fisik dan secara psikologis.  Dan  dalam buah pisang terdapat vitamin B6. Vitamin ini dapat mengatur taraf glukosa darah dan dapat membantu kita tekanan dan pertolongan untuk menggencet suasana hati sakitan.
f.  Mengandung Unsur Besi:  Buah pisang  kaya dengan unsur  besi yang  dapat membantu seorang penderita anemi. Makanan yang kaya dengan buah pisang dapat membantu  merangsang terbentuknya hemoglobin pada darah dan,
g. Meningkatkan Kekuatan otak: Buah pisang juga mengandung Kalium yang dapat membantu seorang murid semangat (konsentrasi/bersiaga) belajar.  Seorang murid dapat meningkatkan kekuatan otaknya jika mereka secara teratur memakan buah pisang di  pagi dan siang hari.  
Buah Anti Cancer Superfruits: Crapes, Mangosteen, Blueberries,  Coji Berries, Avocado, Noni, Apple, Soursop, Acai Berries, Dragon Fruit,  Citrus,  Pomegranate,  Strawberries, Kiwi
Bagaimana caranya memutihkan gigimu dengan kulit pisang?
Ambil sebuah kulit pisang dan gosok perlahan-lahan sekitar pada gigimu selama 2 menit. Sebagai bahan tambahan gosok dengan kulit jeruk (mengandung kalium dan magnesium) dan biji kawi yang dapat menyerap ke dalam gigi dan memutihkannya.   
www.healthorganicwellbeing.com

Semua buah-buahan yang diciptakan Allah mempunyai fungsi terhadap kesehatan manusia dan makhluk lainnya. Sebaik-baik buah-buahan adalah buah-buahan surga.
Bagaimana Allah SWT menjelaskan tentang buah-buahan? Mari kita menyimak beberapa  arti  firman Allah berikut ini!

QS. Al-Baqarah (2) : 25 yang artinya:
25. Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya[32].
[32]. Kenikmatan di syurga itu adalah kenikmatan yang serba lengkap, baik jasmani maupun rohani.

QS. Al-Mu’minuun (23) : 19 yang artinya:
19. Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan,

QS. Al-Mursalaat ( ) : 42 yang artinya:
42. Dan (mendapat) buah-buahan dari (macam-macam) yang mereka ingini.

QS. Al Waaqi'ah (56) : 20, 32 yang artinya:
20. dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih,  (salah satu balasan orang mu’min terdahulu)
32. dan buah-buahan yang banyak (salah satu balasan golongan kanan)

QS. Ar – Rahman (55) : 11, 48, 52, 54, 68  yang artinya:
11. Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.
48. kedua syurga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan.
52. Di dalam kedua syurga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan.
54. Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutera. Dan buah-buahan di kedua syurga itu dapat (dipetik) dari dekat.
68. Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.

QS. Ath Thuur (52) : 22 yang artinya:
22. Dan Kami beri mereka tambahan dengan buah-buahan dan daging dari segala jenis yang mereka ingini.

QS. Muhammad (47) : 15 yang artinya:
15. (Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada beubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak beubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?

QS. Ad Dukhaan (44) : 55 yang artinya:
55. Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran)[1380],
[1380]. Maksudnya, khawatir kehabisan atau khawatir sakit.

QS. Az Zukhruf (43) : 73 yang artinya:
73. Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu yang sebahagiannya kamu makan.

QS. Fushshilat (41) : 47 yang artinya:
47. Kepada-Nyalah dikembalikan pengetahuan tentang hari Kiamat[1335]. Dan tidak ada buah-buahan keluar dari kelopaknya dan tidak seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan, melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Pada hari Tuhan memanggil mereka: "Dimanakah sekutu-sekutu-Ku itu?"[1336], mereka menjawab: "Kami nyatakan kepada Engkau bahwa tidak ada seorangpun di antara kami yang memberi kesaksian (bahwa Engkau punya sekutu)."
[1335]. Maksudnya: Hanya Allah-lah yang mengetahui kapan datangnya hari Kiamat itu.
[1336]. Yang dimaksud sekutu-sekutuKu ialah berhala-berhala yang mereka anggapa sebagai sekutu Tuhan.

QS. Shaad (38) : 51 yang artinya:
51. di dalamnya mereka bertelekan (diatas dipan-dipan) sambil meminta buah-buahan yang banyak dan minuman di surga itu.

QS. Ash Shaaffaat (37) : 42 yang artinya:
42. yaitu buah-buahan. Dan mereka adalah orang-orang yang dimuliakan,

QS. Yaasiin (36) : 57 yang artinya:
57. Di syurga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta.

QS. Faathir  (35) : 27 yang artinya:
27. Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat.

QS. Al Qashash (28) : 25 yang artinya:
57. Dan mereka berkata: "Jika kami mengikuti petunjuk bersama kamu, niscaya kami akan diusir dari negeri kami." Dan apakah Kami tidak meneguhkan kedudukan mereka dalam daerah haram (tanah suci) yang aman, yang didatangkan ke tempat itu buah-buahan dari segala macam (tumbuh- tumbuhan) untuk menjadi rezki (bagimu) dari sisi Kami?. Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.

QS. Al’Araf (7) : 19, 57, 130 yang artinya:
19. (Dan Allah berfirman): "Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan isterimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim."
57. Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.
130. Dan sesungguhnya Kami telah menghukum (Fir'aun dan) kaumnya dengan (mendatangkan) musim kemarau yang panjang dan kekurangan buah-buahan, supaya mereka mengambil pelajaran.

QS. An-Nahl (16) : 11, 69 yang artinya:
11. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.
69. kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

QS. Ibrahim (14) : 32, 37 yang artinya:
32. Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu, berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai.
37. Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezkilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.

QS. Ar-Rad (13) : 3 yang artinya:
3. Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan[765], Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
[765]. Yang dimaksud berpasang-pasangan, ialah jantan dan betina, pahit dan manis, putih dan hitam, besar kecil dan sebagainya.

QS. Albaqarah (2) : 22, 155, 126, 266 yang artinya:

22. Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah[30], padahal kamu mengetahui.
[30]. Ialah segala sesuatu yang disembah di samping menyembah Allah seperti berhala-berhala, dewa-dewa, dan sebagainya.
155. Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.
126. Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: "Dan kepada orang yang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali."
266. Apakah ada salah seorang di antaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dia mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya[169].
[169]. Inilah perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya karena riya, membangga-banggakan tentang pemberiannya kepada orang lain, dan menyakiti hati orang.

QS. Al An'aam (6) : 95 yang artinya:
95. Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. (Yang memiliki sifat-sifat) demikian ialah Allah, maka mengapa kamu masih berpaling?

Semoga Manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar